STUDI AL-QURAN
Al-Quran dari sudut isi atau substansinya, fungsi Al-Quran sebagai tersurat dari nama-namanya adalah sebagai berikut:
1. Al Huda (petunjuk). Dalam Al-Quran terdapat tiga kategori tentang posisi Al-Quran: petunjuk bagi menusia secara umum (QS. Al-Baqarah: 185), Alquran sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa (QS. Al-Baqarah: 2), dan sebagai petunjuk bagi orang beriman (QS. Fushilat: 44).
2. Al-Furqan (pemisah) antara yang hak dan yang batil.
3. Al-Shifa (obat), berfungsi sebagai obat bagi penyakit yang ada di dalam dada/jiwa (QS. Yunus : 570).
4. Al-Mau’idzah/nasihat (QS. Ali Imran: 138).
5. Al-Mubin/yang menerangkan (QS. Al-Maidah : 15).
6. Al-Mubarak/yang diberkati (QS Al-An’am : 92).
Al-Quran berisi 30 juz, 114 surat, dan ± 6236 ayat. Ayat-ayat yang terdapat dalam Al-Quran terdiri dari :
Ø Ayat Makkiyah : sebagai ayat-ayat pokok yang terdiri dari ± 4789 ayat
Ø Ayat Madaniyah : sebanyak ± 1456 ayat
Apabila ada pertentangan antara makkiyah dan madaniyah, maka yang dipilih adalah Madaniyah, sedangkan pendapat lainnya adalah sebaliknya.
Rincian penganturan ayat-ayat dalam Al-quran:
Ø ± 10 ayat tentang hubungan antara kaya dan miskin
Ø ± 10 ayat tentang kenegaraan
Ø ± 13 ayat tentang pengadilan
Ø ± 25 ayat tentang hubungan muslim dan non muslim
Ø ± 30 ayat tentang pidana
Ø ± 70 ayat tentang kekeluargaan, perkawinan, dan waris
Ø ± 70 ayat tentang perekonomian, jual beli, sewa, pinjam meminjam
Ø ± 136 ayat tentang keimanan, tuhan, malaikat, Rasul, Kitab dan hari Akhir
Ø ± 140 ayata tentang ibadah, sholat, zakat, puasa, haji
Ø ± 150 ayat tentang sains (fenomena alam)
Ø ± 228 ayat yang mengatur dasar-dasar kemasyarakatan, dan seterusnya.
Al-Quran merupakan hujjah bagi umat manusia dan hukum-hukum yang ada didalamnya merupakan undang-undang yang harus ditaati, karena Al-Quran diturunkan oleh Allah dengan jalan qoth’i (absolut), yang kebenarannya tidak boleh diragukan, alasan lain bahwa Al-quran sebagai mukjizat mampu menundukan manusia yang mau mencoba-coba meniru Al-Quran itu memang ternyata tidak ada yang mampu meniru.